Minggu, 04 Februari 2018

Pengertian Bitcoin

Pengertian Bitcoin - Ya, pasti semua orang yang baru terjun kedunia cryptocoin khusus nya bitcoin pasti ingin mengetahui terlebih dahulu apa itu bitcoin, bagaimana sejarahnya, dan bagaimana cara kerjanya.
Jadi dengan artikel ini saya akan membantu Anda semua khususnya pemula untuk memahami atau minimal mengetahui tentang Bitcoin ini.
Mari kita mulai dengan pengertiannya.


Pengertian dan Sejarah

Bitcoin adalah jenis mata uang digital atau eletronik yang dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto.
Tidak seperti mata uang pada umumnya, Bitcoin ini tidak tergantung dan mempercayai pada penerbit utama. Bitcoin mempunyai database yang tersebar di node node dari jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang mempunyainya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Cara Mendapatkan Bitcoin

Ada banyak cara untuk mendapatkan bitcoin ini, ada yang secara gratis, ada juga yang harus dibeli untuk mendapatkannya.
Untuk cara gratis Anda bisa mendapatkannya dibeberapa web yang memang menyediakan fasilitas untuk mendapatkan bitcoin tersebut, tetapi ada yang harus kita kerjakan untuk mendapatkan bitcoin tersebut. Dan web seperti ini biasa disebut dengan Web Faucet. Contoh :
 Ada juga web yang memang menyediakan jual beli bitcoin, contohnya untk web indonesia :
Di bitcoin.co.id kita bisa membeli bitcoin dengan bank lokal seperti BCA, BRI, BNI, dll.
Jadi hal itu memudahkan kita untuk melakukan pembelian.

Satu hal lagi.
Sepertinya penemu bitcoin ini ingin membuat bitcoin layaknya emas dengan membuat jumlah bitcoin yang terbatas, yaitu 21 Juta keping. Dan akan diprediksikan habis pada tahun 2140.
Namun jangan khawatir, setelah tahun 2140, bitcoin tidak akan hilang sepenuhnya. Bitcoin akan tetap diproduksi dari hasil fee tiap transaksi menggunakan bitcoin.
Jadi akan membentuk sistem yang berputar.

Demikian artikel yang saya buat.
Semoga dengan artikel dari informasicrypto ini dapat membantu Anda mempelajari atau setidaknya mengetahui apa itu bitcoin.
Jika ada pertanyaan silahkan kirim komentar anda di artikel ini

Terima kasih
Disqus Comments